Sabtu, 16 Maret 2013

Anak Didikan Rimba










Judul buku : Anak Didikan Rimba
Judul Asli : The Jungle Book
 Pengarang : Rudyard Kipling
Penterjemah : Darwis gelar Datuk Maharadjolelo
Penerbit : Balai Pustaka 1952
Ukuran buku : 22 x 15,5 cm
Tebal : 134 halaman
Harga : Rp 75.000,-
DIPESAN

Anak Didikan Rimba judul aslinya : The Jungle Book (1849), sebuah kumpulan cerita yang ditulis oleh Rudyard Kipling. Pertama kali dimuat di majalah selama tahun 1893 - 1894. Gambar dibuat oleh ayah Rudyard Kipling yang bernama : John Lockwood Kipling.

Kipling lahir di India hingga ia berumur enam tahun untuk selanjutnya ia dikirim ke Inggris.  Sepuluh tahun di Inggris, Kipling pulang ke India dan bekerja sampai enam setengah tahun. Cerita-cerita ini ditulis ketika Kipling tinggal di Vermont.

 Cerita-cerita ini adalah kumpulan fabel (cerita yang menggunakan hewan dalam cara antropomorfik untuk memberikan pelajaran moral. Kipling memasukkan hampir semua yang ia tahu, dengar dan mimpikan tentang hutan di India.

Yang paling terkenal dari kumpulan cerita tersebut adalah tiga cerita yang mengisahkan petualangan Mowgli (dibaca : mau-gli), seorang anak manusia yang ditinggalkan dan dibesarkan oleh serigala di hutan India.

The Jungle Book pertama kali diterjemahkan kedalam bahasa Melayu oleh Agus Salim, pada tahun1934 dengan judul : Tjerita Mowgli Anak Didikan Rimba, dan diterbitkan oleh Balai Pustaka - Batavia Centrum (sekarang : Jakarta Pusat). Buku tersebut kemudian diterbitkan lagi dengan menggunakan Bahasa Indonesia, dengan judul : Mowgli (Anak Didikan Rimba) pada tahun 1940 an.

Buku itu selanjutnya lebih sering disebut dengan : Anak Didikan Rimba
Dari : Wikipedia.org
DIPESAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar