Kamis, 11 April 2013

Perry Mason Memetjahkan Perkara Si Mata Hidjau


Judul buku : Perry Mason Memetjahkan Perkara Si Mata Hidjau
Judul asli : The Case of the green eyed sister.
Pengarang : Erle Stanley Gardner
Penyadur : G.H. Lie
Penerbit : Saka Widya Djakarta
Tebal : 196 halaman
Harga : Rp 45.000,-
Tokoh-tokoh dalam cerita ini : Della Street - sekretaris pribadi Mason, Perry Mason - seorang pengacara, Sylvia Bain Atwood : seorang janda muda yang bermata hijau, yang mempunyai sepasang kaki indah, Paul Drake : detektip partikelir Mason yang selalu siap sedia mensuply mata rantai yang hilang, George Brogan - seorang penyelidik partikelir,
Riwayat singkat Erle Stanley Gardner :   Erle seorang pengacara dan penulis cerita detektip ternama, lahir di Malden, negara bagian Massachusets, pada tanggal 17 Juli 1889. Karena ayahnya seorang pendulang emas, ia telah dibawa ke berbagai tempat aneh dari Klondike sampai ke California dan belajar ilmu hukum di kantor kejaksaan.
Erle banyak belajar budaya dan bahasa  dari kliennya, orang-orang Tionghoa. Pada tahun 1931 Erle pergi ke Tiongkok dan tinggal disana untuk beberapa tahun di berbagai tempat. Pulang dari perjalanan ke Tiongkok, Erle berhenti sebagai pengacara dan memutuskan diri untuk bersungguh-sungguh menekuni profesinya sebagai penulis cerita detektip.
Erle memiliki 3 buah kereta gerbong yang ditarik oleh mobil dan dipergunakan sebagai rumah (house trailer), 
"Jangan sekali-kali menceritakan seluruh cerita kepada pembaca" adalah pedomannya dalam menulis. Buku pertamanya berjudul : The Case of The Velvet, terbit tahun 1932.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar