Kamis, 28 Februari 2013

Midah Simanis Bergigi Emas


Midah Simanis Bergigi Emas
Pengarang : Pramoedya Ananta Toer
Cetakan ke 2 Tahun 1960
Penerbit :  NV. Nusantara Bukittinggi - Djakarta
Tebal : 131 halaman
Harga : Rp 100.000,-

Buku Midah Simanis Bergigi Emas ini mengisahkan riwayat seorang pengamen keroncong yang berasal dari keluarga seorang haji, yang menganggap lagu keroncong itu "haram". Dilukiskan oleh Pramoedya Ananta Toer - seorang penulis prosa Indonesia terkuat saat itu - dengan gaya bahasanya yang hidup, membentangkan suka duka dari manusia Indonesia , salah seorang dari orang banyak sepanjang jalan.
Tokoh Midah sadar bahwa mempunyai pendirian sendiri membawa pengertian berani menempuh jalan sendiri pula. Jalan sunyi - sangat sunyi . Midah dengan ikhlas memberikan kehormatannya kepada pemuda Ahmad yang meskipun kecut hatinya dalam hal kawin dengan Midah, tetap mendapat cinta dari Midah yang sepenuh hati. Ahmad adalah satu-satunya pujaan Midah dalam menempuh sisa hidup bersama anak dalam kandungannya, yang dicap "Haram Jadah" .
Dengan gaya dan komposisi yang khas Pramoedya, kadang-kadang keras dan seringkali pahit - pembaca diperkenalkan Pram kepada pelaku-pelaku ceritanya yang umumnya berasal dari orang-orang sepanjang jalan, yang tidak lepas dari pengkonfrontasian dengan masalah kemanusiaan

TERJUAL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar